7 Khasiat Buah Alpukat yang Sudah Terbukti Untuk Kulit

90 Dilihat
Advertisements
7 Khasiat Alpukat yang Sudah Terbukti Untuk Kulit
7 Khasiat Alpukat yang Sudah Terbukti Untuk Kulit

Ngopiyuk.com 7 Khasiat Buah Alpukat yang Sudah Terbukti Untuk Kulit – Sementara ahli pakar gizi di seluruh dunia belum berhenti mengoceh tentang manfaat alpukat untuk kesehatan dan penurunan berat badan dengan secara keseluruhan, kebaikan buah sukulen untuk kulit baru saja dimulai dan berkembang. Nutrisi – lemak tak jenuh tunggal yang sehat seperti asam oleat dan linoleat, vitamin A, B, C dan E, dan mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium – yang dapat berkontribusi pada segudang manfaat kesehatan alpukat adalah yang membuatnya baik untuk kesehatan. Bahkan kulit juga. Berikut ini 7 manfaat alpukat untuk kulit.

Baca Juga :  6 Manfaat Vitamin A yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Kulit Anda

1. Melembabkan Kulit Anda

Lemak sehat dalam alpukat sangatlah bagus untuk melembabkan kulit Anda. Minyak kelapa dianggap sebagai pelembab yang baik karena kaya kandungan asam oleatnya 5-10%. Nah, daging buah alpukat mengandung 63% asam oleat. Antropolog medis John Heinerman, dalam bukunya, Heinerman’s Encyclopedia of Healing Juices, menyebutkan bahwa ketika buah alpukat dikonsumsi secara teratur, kelenjar sebaceous akan mengeluarkan sebum alami semi-cairan berminyak yang membuat kulit terhidrasi dan juga dapat membantu otot dan persendian tetap gesit.

Bahkan, kulit Anda akan menyukainya jika Anda menggosoknya dengan bagian sisi berdaging dari kulitnya setelah Anda menyendok buah lezat ini. Anda juga dapat menumbuk alpukat matang dan menambahkan sedikit saja jus lemon dan putih telur – keduanya akan memiliki sifat astringen dan dapat mengencangkan suatu pori-pori – untuk kulit yang indah dan halus. Menggabungkan adanya daging buah alpukat dengan madu, yogurt, dan minyak zaitun dapat juga bekerja sebagai masker wajah yang indah. Madu dan minyak zaitun keduanya adalah suatu pelembab yang sangat baik sedangkan yogurt adalah pembersih alami yang dapat melembutkan kulit dan mengencangkan pori-pori.

 

2. Menghaluskan Keriput

Penuaan dapat mengubah kulit Anda, memberi Anda garis-garis halus dan kerutan. Tapi buah alpukat bisa memutar waktu kembali. Di satu sisi, antioksidan alpukat seperti vitamin C dan E dapat juga melawan radikal bebas yang merusak kulit. Di sisi lain, beberapa bahan kimia lain dalam minyak alpukat merangsang sintesis serat kolagen dan elastin. Kolagen tersebut dan elastin adalah protein yang bertanggung jawab untuk menjaga struktur dan elastisitas kulit Anda. Plus, asam oleat dalam alpukat dapat juga mencapai lapisan kedua kulit dan menyehatkannya dengan baik untuk mencegah adanya kerutan yang dipicu oleh kekeringan. Jadi untuk memberi kulit Anda kehidupan baru, makanlah dari setengah alpukat setiap hari dan oleskan sedikit minyak alpukat.

 

3. Melindungi Kulit Anda Dari Sinar Matahari

Ketika kulit Anda terkena sinar ultraviolet yang berbahaya dari terik cahaya matahari, mungkin mengalami kerusakan DNA (yang dapat menyebabkan kanker kulit) dan peradangan. Namun menurut penelitian, alkohol lemak polihidroksilasi, sejenis lemak yang ditemukan dalam alpukat, dapat bisa mengurangi kerusakan sel akibat radiasi dan peradangan kulit. Faktanya, mengoleskan pulp atau minyak alpukat dengan secara topikal meningkatkan perbaikan DNA kulit setelah terpapar sinar matahari, melindunginya dari keganasan. Selain itu, vitamin C dan E yang ada dalam alpukat juga melindungi kulit dari suatu kerusakan akibat sinar UV, dengan vitamin C yang melawan kerusakan akibat UVA dan vitamin E juga melawan sinar UVB yang mengubah DNA.6

Namun, perlu diingat bahwa alpukat tidak dapat bertindak sebagai tabir surya. Jadi ingatlah untuk juga menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda, dan ketika Anda kembali dari matahari, oleskan beberapa bubur alpukat atau minyak alpukat jenis extra-virgin.

 

4. Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Apakah jerawat yang tidak sedap dipandang membuat Anda tertekan? Menerapkan dari beberapa alpukat tumbuk bisa juga membantu Anda. Satu studi menemukan bahwa krim yang mengandung ekstrak alpukat secara signifikan dapat mengurangi jumlah papula dan pustula pada orang yang memiliki jerawat. Krim ini menghambat enzim yang dikenal sebagai 5-alpha reductase yang terlibat dalam membuat kulit Anda terlalu berminyak dan membuatnya akan rentan terhadap jerawat. Minyak alpukat juga memiliki asam linoleat, yang dimana kekurangannya pada kelenjar sebaceous pada kulit dikaitkan dengan jerawat. Jadi pijatan minyak alpukat secara teratur dapat juga mencegah jerawat.

Baca Juga :  Tips 10 Cara Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up

5. Menghilangkan Sun Tan

Alpukat mungkin memegang kunci untuk menghilangkan cokelat Anda. Hal ini mengandung komponen antioksidan yang dikenal sebagai glutathione yang dapat menurunkan kadar melanin (pigmen penggelapan kulit) dengan dapat menghambat tirosinase, enzim yang terlibat dalam produksinya. Aplikasi topikal dan konsumsi glutathione bisa efektif. Jadi mengoleskan alpukat krim ke wajah Anda atau menambahkannya ke salad Anda bisa juga membantu Anda menghilangkan kulit cokelat.

 

6. Menyembuhkan Luka

Tahukah Anda bahwa alpukat dapat bisa membantu menyembuhkan luka dan torehan? Dalam satu studi menemukan bahwa menerapkan atau mengonsumsi ekstrak alpukat menyebabkan pertumbuhan sel kulit baru yang lebih cepat dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat pada tikus. Jadi, jika Anda mengoleskan alpukat ke bibir pecah-pecah, itu akan tidak hanya melembabkannya, tetapi juga membantu menyembuhkannya!

 

7. Membantu Dengan Psoriasis

Psoriasis dapat menyebabkan suatu kulit bersisik, merah, dan berkerak. Dan jika Anda sedang mencari pengobatan untuk kondisi ini, minyak alpukatlah mungkin bisa membantu. Bahkan dalam satu studi menemukan bahwa salep vitamin B12 yang mengandung minyak alpukat efektif dapat mengurangi keparahan iritasi kulit yang disebabkan oleh psoriasis. Namun, para peneliti telah memperingatkan bahwa mereka tidak dapat juga menentukan apakah minyak alpukat saja akan memiliki efek ini. Tetapi dari kombinasi vitamin B12 dan minyak alpukat bekerja.

Cara Menggunakan Alpukat Untuk Kulit

Masker wajah bubur alpukat

  • Haluskan daging buah alpukat setelah membuang bijinya.
  • Campurkan dengan yogurt atau krim asam dan oleskan pada bagian wajah dan leher Anda.
  • Biarkan hingga selama 10 sampai 15 menit.
  • Bilas dengan lembut dengan air.

Cara terbaik menggunakan alpukat untuk kulit Anda adalah, tentu saja, mengoleskan minyak alpukat jenis extra-virgin. Jika itu tidak berguna sama sekali, gunakan bubur alpukat. Masker bubur alpukat akan melakukan suatu keajaiban untuk kulit kering dan sensitif. Anda bahkan dapat menggunakannya pada siku, lutut, dan tumit untuk menghilangkan kekeringan. Anda juga bisa memakan buahnya untuk mendapatkan banyak manfaat lain bagi kesehatan Anda dengan secara keseluruhan. Namun, jika Anda memiliki alergi alpukat, hindarilah mengoleskan daging buahnya. Dan dapat bisa menyebabkan iritasi kulit.

Berkat banyak manfaat luar biasa dari alpukat pada kulit yang tercantum di sini, mendapatkan kulit yang siap kamera akan menjadi lebih mudah. Cobalah dan beri tahu kami.

Baca Juga :  10 Tips Memebersihkan Jerawat Pada Kulit Berwarna