Penyakit Autoimun

79 Dilihat
Advertisements

Kenali 5 Gejala Penyakit Autoimun Ini Lebih Dini Sebelum Terlambat

Banyak orang kadang tidak menyadari bahwa tubuhnya sedang mengalami Penyakit Autoimun. Pasalnya, gejala penyakit ini terkadang mirip dengan masalah kesehatan umum lainnya. Orang yang tubuhnya sedang diserang sakit autoimun akan mudah lelah meskipun tidak banyak melakukan aktivitas. Anda harus mengenali lebih dini tanda-tanda dari sakit autoimun, agar dapat segera melakukan pengobatan. Sebelum mengulas apa saja gejala autoimun, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai autoimun. Dengan mengenali apa itu auto imun dan gejalanya, Anda akan dapat langsung melakukan pengobatan segera.

 

 

Mengenali Penyakit Autoimun

Penderita penyakit autoimun akan sering merasakan lemas meski tidak banyak aktivitas. Hal ini karena, autoimun merupakan kondisi saat sistem tubuh tidak mampu membedakan sel tubuh yang sehat dan sel asing. Sehingga mengakibatkan tubuh keliru menyerang sel normal.
Ada sekitar 80 lebih jenis sakit autoimun yang menyerang berbagai bagian tubuh. Autoimun yang paling umum dialami di antaranya, lupus, rheumatoid arthritis, psoriasis hingga penyakit tiroid. Nah, sekarang Anda perlu kenali apakah Anda sedang mengidap sakit autoimun atau tidak melalui gejala-gejalanya.

Gejala Penyakit Autoimun

Setelah mengetahui apa itu penyakit autoimun, kini ketahui pula gejala-gejala dari penyakit ini. Ada beberapa tanda-tanda bahwa seseorang sedang diserang autoimun. Berikut ini gejala-gejala autoimun yang perlu Anda ketahui, agar tidak terlambat melakukan pengobatan.

• Tubuh Mudah Lelah

Salah satu tanda seseorang sakit autoimun, yaitu kondisi tubuh yang mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas. Lelah fisik dan mental kadang juga bisa timbul disebabkan anemia atau penyakit peradangan kronis lainnya. Peradangan kronis ini sendiri merupakan gejala autoimin yang tidak bisa dianggap sepele, karena dapat berdampak fatal.

• Muncul Masalah Pada Kulit

Tanda seseorang terkena penyakit autoimun, yaitu terjadinya peradangan pada tubuh. Anda dapat melihatnya dari perubahan kondisi kulit, seperti gatal, kemerahan, ruam atau muncul bercak tanpa sebab yang jelas. Namun, tidak semua masalah kulit terkair dengan penyakit ini, Anda hanya harus waspada saat keadaan kulit tiba-tiba berubah.

• Terjadinya Perubahan Berat Badan Tanpa Sebab yang Jelas

Biasanya, perubahan berat badan terjadi kerena pengaruh pola makan atau olahraga tertentu. Namun, akan aneh rasanya jika berat badan naik atau turun tanpa sebab yang jelas. Salah satu gejala dari beberapa penyakit autoimun, yaitu kondisi berat badan yang naik atau turun drastis.
Jika berat badan seseorang naik atau turun tanpa adanya perubahan pola makan atau aktivitas fisik, biasanya dikarenakan adanya gangguan metabolisme. Misalnya, pada penderita penyakit autoimun hipotiroid yang membuat penderitanya mengalami masalah berat badan secara cepat meski pola makan dan aktivitas fisiknya sama.

• Muncul Rasa Nyeri Pada Otot dan Sendi

Gejala autoimun selanjutnya, yaitu munculnya rasa nyeri pada otot dan sendi. Anda harus waspada saat mengalami sakit otot dan sendi saat tidak baru mengerjakan aktivitas fisik atau olahraga berat. Nyeri otot dan sendi dapat timbul ketika sistem kekebalan tubuh seseorang terganggu. Autoimun yang ditandai dengan gejala ini, di antaranya hipotiroid, hashimoto hingga lupus.

Baca Juga :  Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

• Terjadi Ganggu Pada Saluran Pencernaan

Gejala penyakit autoimun juga bisa ditandai dengan munculnya masalah pencernaan, seperti kram, kembung, sakit perut dan diare. Masalah pencernaan ini memang masalah kesehatan yang umum, tetapi gangguan saluran pencernaan juga bisa menjadi gejala autoimun. Kondisi ini terjadi akibat pengaruh masalah peradangan yang disebabkan kurangnya mikroflora pada saluran pencernaan.

Demikianlah 5 gejala penyakit autoimun yang perlu Anda kenali sejak dini. Untuk mengetahui lebih jelas masalah kesehatan ini bisa melalui tes darah dan antibodi. Segera kenali gejala autoimun, agar penyakit dapat ditangani lebih cepat.

Galeri untuk Penyakit Autoimun