Mengenal 5 Bisnis E-commerce yang Ada di Indonesia

91 Dilihat
Advertisements

NGOPIYUK.COM – Bila ditanya tentang mengenai 5 Bisnis E-commerce yang Ada di Indonesia. mungkin bisa jadi dari kits bahkan dari hal tersebut hanya akan bisa menjawab bahwa bisnis ini atau bisnis ecommerce merupakan suatu bisnis jual beli online. Akan tetapi hal tersebut sebenarnya ide bisnis e-commer lebih dari yang hanya sekedar jual – beli online.

Namun bila anda ingin lebih jelasnya, mari sama – sama kita pahami dulu apa itu definisi ecommerce.

Makna dari E-Commerce

Kata e-commerce merupakan suatu singkatan dari Electronic Commerce, atau juga dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan perdagangan secara elektronik. Dari aktivitas perdagangan elektronik tersebut telah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital dalam suatu proses transaksinya.

Sederhananya suatu bisnis ecommerce ini adalah adanya aktivitas transaksi jual beli produk barang atau jasa yang selalu melibatkan transfer dana dan suatu pertukaran data yang secara elektronik yang menghubungkan dengan internet.

Bisnis ecommerce ini bisa anda bedakan menjadi beberapa suatu jenis yang berbeda tetapi berdasarkan dari bagaimanakah layanan ini yang bisa diberikan dari ecommercenya tersebut. Halnya seperti ini beberapa suatu nama perusahaan ecommerce yang besar, seperti Tokobagus, Kaskus FJB, bahkan Lazada yang memiliki segi bentuk bisnis ecommerce yang sangat berbeda dengan satu yang lainnya.

Berikut Bentuk dari Bisnis Ecommerce yang Ada di Indonesia

Dengan secara umumnya bisnis ecommerce ini yang ada indonesia dapat dibedakan menjadi 5 bentuk yang berbeda – beda. Dan bila bagi anda yang memang betul aktif dalam bidang ini atau ecommerce mungkin anda ingin mengenal sangat lebih dalam tentang bisnis online yang satu ini, bahkan sangat berguna bagi anda juga untuk menyimak artikel jenis tentang 5 bentuk dari bisnis e-commerce yang sudah ada di Indonesia sebagai berikut ini.

Baca Juga :  Contoh Iklan Menggunakan Media Seluler, Ladang Bisnis
  1. (B2B) Business to Business

Bisnis ecommerce ini merupakan suatu yang dilakukan oleh dari dua pihak yang bagaimana masing – masing ini memiliki kepentingan bisnis. Dari kedua belah pihak tadi harus saling mengerti dan mengetahui bisnisnya yang dijalankan.

Namun pada umumnya jenis ecommerce ini dilaksanakan dengan secara berkesinambungan bahkan berlangganan. Adanya bentuk kesederhanaan dari B2B ini adalah berkejasamanya produsen dengan suplier yang saling bertransaksi dengan secara online yang baik agar untuk berkonsultasi kebutuhan barang. hingga sampai proses pembayaran.

  1. (B2C) Business to Consumer

Pada suatu dasarnya bisnis ini sangat lebih berfokus kepada penjualannya barang atau produk milik si perusahaan ecommerce sendiri. Dan sehingga semua dari keuntungan dari penjualan produknya sangat murni dimiliki si oleh perusahaannya e-commerce dan tidak juga dapat dibagi dengan pihak lainnya.

Bahkan jenis bisnis ini merupakan suatu dari salah satu bentuk yang sangat paling berkembang di indonesia, akan tetapi pengembangannya dalam bentuk bisnis ini tentunya juga tidak mudah dan gampang. Dari diperlukan juga modal yang sangat besar, dari ketersediaan pasokan barang dan serta juga dari sistem penjualannya dan semuanya harus bisa dihandle oleh diri sendiri pihak e-commercenya.

  1. (C2C) Consumer to Consumer

Hal ini yang bisa membedakan antara dari bentuk bisnis ini dengan bentuk classifieds yaitu adanya selain menawarkan tempat atau lokasi sebagai media promosinya barang dagangannya, maka pihak e-commerce juga bisa memberikan suatu layanan yang metodenya pembayaran dari suatu transaksi online yang dapat dilakukan. Hal ini bahwa juga bisa menjadikan ciri utama dari suatu bentuk bisnis e-commerce ke marketplace C2C.

  1. (C2B) Consumer to Business

C2B ini adalah suatu kebalikan dari B2C yang mana dari pengguna end-use yang bertindak sebagai penjual didalam produk atau layanan. dan dari perusahaan akan bertindak sebagai pembeli. Didalam model bisnis ini atau C2B, ada pihak yang akan menjadi perantara seakan mempertemukan perusahaan dengan secara individu. Dan seperti misalnya, ada seorang desainer yang menjual jasa untuk mendesain logo dan menunjukkan sebagai contoh hasil karyanya. Dan dari perusahaan yang tertarik akan dapat bisa menyewa dari jasa desainer tersebut.

Baca Juga :  Tips 7 Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah dan Modal Kecil
  1. Ecommerce Administrasi Publik

Adanya suatu perdagangan eletronik yang seperti ini biasanya akan melibatkan adanya pemerintah atau administrasi publik. Dan jenisnya e-commerce ini yang bisa dapat dibagi menjadi dua, antara lain B2A dan C2A.

Itulah dari beberapa jenis bentuk ecommerce yang ada di indonesia. Dengan begitu kita lebih mengenal adanya bentuk jenis bisnis ecommerce tersebut, dan bisa juga menjadikan tambahan informasi terutama ya buat bagi anda yang ingin berniat menjadi suatu pelaku perdagangan elektronik.

Dan bila memilih jenis ide bisnis ecommerce yang sangat tepat dan tetap akan membantu bisnis anda berkembang yang lebih sangat pesat dan akhirnya bisa mendatangkan sebuah keuntungan yang sangat lebih besar tentunya. SEMOGA BERMANFAAT BUAT ANDA.