Cara Mengobati Batuk Berdahak – Batuk akan sangat mengganggu sekali bagi kesehatan tubuh dan aktifitas yang kita jalani. Sehingga kita tidak bisa melakukan aktifitas secara nyaman. Batuk adalah salah satu hal umum yang sering di temui. Batuk berdahak disebabkan karena virus atau bakteri yang masuk ke saluran pernafasan, ketika sedang flu/batuk tubuh akan menghasilkan lebih banyak lendir/dahak. Fungsi dari lendir/dahak itu sendiri untuk mengeluarkan virus atau bakteri itu sendiri.

Macam-macam penyebab batuk berdahak

-Pneumonia

Mengenal jenis batuk Pneumonia. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Penderitanya akan mengalami batuk kering yang dalam beberapa hari dapat berubah menjadi batuk berdahak dengan mengeluarkan lendir berwarna hijau, kuning, atau merah kebiruan. Penderita penyakit pneumonia juga biasanya mengalami demam dan sesak napas.

– ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

Cakupannya meliputi infeksi saluran pernafasan akut bagian atas dan infeksi saluran pernafasan bagian bawah.
Infeksi melibatkan organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti : sinus, ruang telinga tengah dan selaput paru.
Ispa dapat menular melalui air ludah, darah, bersin, udara pernafasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat ke saluran pernafasannya.

-Asma

Biasanya Asma akan menyebabkan penderitanya sesak nafas disertai batuk. Batuk pada asma sering mengalami kambuh pada saat malam hari atau pada saat udara dingin.

Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Bronkus berfungsi sebagai saluran yang membawa udara dari dan menuju paru-paru. Seseorang yang menderita bronkitis biasanya ditandai dengan munculnya gejala batuk yang berlangsung selama satu minggu atau lebih.

Baca juga Obat Herbal Kolestrol

Terkadang gangguan saluran pernafasan itu disepelekan. Padahal dibelakang gangguan saluran pernafasan berjibun penyakit mulai dari yang ringan sampai yang bisa mengancam jiwa seseorang.

Baca Juga :  Solusi saat Maag Kambuh

Jika tidak ditangani dengan baik, infeksi saluran pernapasan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti:
Infeksi saluran pernapasan atas, meliputi pneumonia, bronkitis, infeksi telinga tengah (otitis media), atau meningitis yang menyebar dari sinusitis. Infeksi saluran pernapasan bawah, meliputi sepsis, empiema, abses paru, dan efusi pleura.Dan dampak buruknya kadar oksigen dalam darah menjadi rendah. Hal ini bisa mengakibatkan penurunan tingkat kesadaran dan gejala parah lainnya.Hal ini juga bisa menjadi tanda atau memburuknya masalah medis lainnya.

Berikut Cara Mengobati Batuk Berdahak

1.Minum Obat

Sudah banyak sekali varian untuk obat-obatan herbal atau obat farmasi yang di ramu khusus untuk batuk berdahak. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual obat Batuk Berdahak yang cocok bagi anda. Bagi ibu hamil yang mengalami batuk berdahak, sebaiknya mengkonsumsi obat batuk langsung dari dokter supaya aman.

2.Daun Sirih dan Jahe

Daun sirih ini ternyata punya manfaat tersendiri untuk Mengobati Batuk Berdahak. Rebus beberapa lembar daun sirih beserta jahe. Kemudian minum air rebusannya selagi hangat. Disarankan konsumsi sehari sekali supaya tenggorokan semakin hangat.

3.Jeruk Nipis dengan Kecap dan Madu

Sudah banyak di kenal sebagian besar orang, mengkonsumsi jeruk nipis beserta kecap manis atau madu adalah cara yang efektif untuk Mengobati Batuk Berdahak. Kandungan minyak yang terdapat pada jeruk nipis dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernafasan dan dapat menjernihkan suara.

4.Tindakan lainnya

Selain Cara Mengobati Batuk Berdahak di atas, ada cara lain supaya batuk berdahak tidak semakin parah. Antara lain :
*Istirahat yang cukup dan minum air putih
*Menggunakan jaket supaya badan menjadi hangat serta mandi dengan air hangat dan minum air jahe hangat
*Hindari dengan pengidap flu dan batuk lainnya supaya tidak semakin parah
*Berkumur dengan air garam atau air putih serta menjaga kebersihan mulut, supaya menghilangkan kuman pada tenggorokan

Baca Juga :  Mengatasi Rasa Ngantuk

Sebenarnya gejala Batuk berdahak ringan tidak membutuhkan langkah perawatan yang khusus. Anda bisa mencoba Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan langkah-langkah di atas. Bila batuk terus menerus tidak sembuh, disarankan segera di bawa ke dokter supaya tidak semakin mengganggu kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *