Hubungan Gigi, Kolesterol dengan Ngopi

nikmatnya kopi

Teman teman ngopi, apa kabarnya? Pagi ini saya sedang berada di salah satu kedai kopi tempat ngopi paling enak di kota medan, ketepatan pesanan segelas kopi O tanpa gula saya belum datang, jadi saya sempatkan membahas sedikit mengenai “hubungan gigi , kolesterol dengan ngopi” untuk tambahan informasi bagi kita penikmat kopi dimanapun berada.

Teman-teman ngopi, gigi merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Banyak orang menghabiskan dananya untuk perawatan gigi. Perawatan gigi bukanlah sekedar untuk mempercantik senyuman kita, melainkan gigi juga sangatlah penting sebagai alat pencerna makanan tahap awal. Jika gigi kita bermasalah, itu berarti membuat masalah ke kesehatan di seluruh tubuh kita juga, belum lagi ketika gigi kita mengalami masalah yang diakibatkan gigi berlubang, rasa sakitnya sampai keubun-ubun tidak ada tandingannya. Sangkin sakitnya, sakit gigi diungkapkan pada sebuah syair lagu lama yaitu ”Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati ini” dimana sakit gigi dibandingkan dengan sakitnya perasaan yang dihiananti kekasih….heheheheheh..

Betapa pentingnya Untuk urusan gigi, sehingga universitas sampai membuat Fakultas kedokteran gigi (FKG) yang setara dengan S1( sarjana kedokteran), dengan lulusannya akan bergelar Dokter Gigi (drg). Dan tidak sedikit produk-produk berupa pasta gigi yang di pakai setiap hari untuk pencegahan kerusakan gigi seperti PEPSODENT, CIPTADENT, CLOSEUP, FORMULA, SENSODYNE, COLGATE dan banyak lagi produk-produk pencegahan dan produk perawatan gigi lainnya. Namun walaupun sudah begitu banyaknya produk produk kesehatan gigi yang beredar di pasaran, tetapi yang mengalami permasalahan gigi khususnya gigi berlubang terus meningkat. Penyakit gigi berlobang tidaklah bisa dipandang remeh. sakitnya yang diakibatkan gigi berlubang bisa sampai meradang parah, menimbukan rasa sakit yang luar biasa dan jika tidak ditangani dengan baik bisa berakibat fatal sampai kepada kematian.

Tapi apa hubungan gigi dengan ngopi kita kali ini ya? Teman-teman, ngopi ternyata ada hubunganya dengan gigi, dimana  penikmat kopi memang lebih dominan mengalami gigi hitam tapi jarang sekali mengalami gigi berlubang, disarankan mengkonsumsi kopi rendah gula ya teman.  Kenapa ya? Ternyata pada kapi yang sering kita minum itu, memiliki salah satu zat yang bisa mencegah gigi berlubang yaitu zat  TRIGONELLINE (Trigonelin).

Baca Juga :  Anda Harus Coba Keunikan Lain dari Kopi Khas Indonesia

Trigonelin (N-methyl-nicotinate) adalah senyawa turunan dari vitamin B6 dan terdapat dalam biji kopi segar dengan kadar antara 0.6 sampai 1 persen. Penggaringan (mensangrai Kopi) mengubah sebagian besar trigonelin menjadi NIASIN. Niasin (bahasa Inggris: niacin, nicotinic acid vitamine) adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun 1937, yang berfungsi untuk mencegah penyakit pelagra (sejenis penyakit radang kulit dan otak yang parah disertai diare). Senyawa organik yang lain disebut nikotinamida, keduanya mengandung alkaloid nikotina dan kemudian disebut sebagai vitamin B3, Sekitar tahun 1956, niasin mulai digunakan pertama kali untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Niasin berfungsi dengan baik untuk meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) / Kolesterol baik, menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein)/Kolesterol jahat dan trigliserida.

Baca Juga : Cegah Obesitas Dengan Ngopi

Hehehehehe…… kopi-kopi.!! Teman-teman ngopi, walaupun pembahasan kita kali ini membicarakan tentang gigi sehat dengan minum kopi ternyata di bagian zat yang mencegah kerusakan gigi itu juga mengandung zat yang baik juga untuk penderita kolestrol dengan kadar LDL(Kolesterol Jahat) yang tinggi. Jadi ternyata, mengkonsumsi kopi itu selain nikmat, baik untuk kesehatan.

Teman-teman ngopi, itulah tadi penjelasan sedikit tentang kopi yang sering kita minum itu. Walaupun penjelasannya sedikit dengan bahasa atau istilah yang agak jarang kita dengar dan sedikit membingungkan, tapi kita berharap informasi ini bisa berguna bagi kita yang suka mengkonsumsi kopi..

Wah…kopi pesanan saya sudah datang, saatnya, nyerup kopi dulu ya teman-taman….sampai jumpa di pembahasan yang lainnya…trima kasih.

One thought on “Hubungan Gigi, Kolesterol dengan Ngopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>