SECANGKIR KOPI ESPRESSO

kopi espresso

Teman-teman ngopi, teringat dengan kopi espresso, saya punya pengalama lucu, bersama teman saya waktu diundang di sebuah pertemuan dan dapat kesempatan menginap salah satu hotel berbintang di kota Jakarta, tepatnya di seputaran stadion Gelora Bung Karno. Di sela-sela pertemuan, waktu menunggu jadwal berikutnya, kami bersama-sama pergi ke coffee shop yang ada di hotel itu, sekedar pemberi tahuan, kami juga pencinta kopi sejati loo teman-teman, yang sering ngopi di kedai kopi samping rumah. Lanjut cerita, kamipun di sajikan buku menu minuman oleh waitress, alangkah terkejutnya saat melihat isi buku menu itu, satu kata pun ngak pernah terdengar oleh kami, tapi biar kelihatan keren, salah satu teman saya langsung meminta pesanan secara acak yaitu coffee espresso. Tidak berapa lama, pesanan coffee espressonyapun datang, teman saya itu bingung dan terkejut sampai ngak percaya dengan apa yang dia pesan karena yang di dalam pikiran sebelumnya, kopi yang di sajikan itu di dalam cangkir besar, dengan campuran susu, kream,dan rasa manis. Karena volume kopi yang hanya seteguk atau seukuran cangkir kecil saja, perasaan teman saya itu seperti di tipu, dan sangat kesal dan ingin mengembalikan minuman yang telah dipesannya….Hehehehehheh….

baca:  CEGAH OBESITAS DENGAN NGOPI

Memang jika ingin menikmati secangkir kopi espresso, biasanya tersedia hanya di kedai-kedai kopi modern. Jika anda mencari di kedai kopi tempat ngopi langganan kita, sangat jarang menyajikan kopi jenis espresso karena untuk penyajiannya membutuhkan alat pembuat kopi berteknologi tinggi yang lumayan mahal. Tapi jika benar-benar kepengen untuk menikatinya, tidak apa-apalah sekali-kali ngopi di tempat ngopi yang kerenan dikit. Walau agak mahal tapi bisa mendapat rasa kopi yang lebih.

Teman-teman ngopi, sebelum benar –benar pergi ke coffee shop untuk menikmati secangkir kopi espressonya, teman-teman juga perlu tahu, apa aja jenis-jenis kopi espresso dan bagaimana cara penyuguhanya biar kita ngak kelihatan hanya biasa ngopi di kedai kopi sebelah rumah seperti pengalaman kami di atas sedikit kita akan bahas mengenai kopi espresso ini.

Kopi espresso?. Bagi pecinta kopi yang ingin menikmati rasa kopi yang lebih kuat, sudah tidak asing lagi di terlinga dan dilidah apa itu kopi espresso. Sebenarnya apa sih kopi espresso?

baca : Hubungan Gigi, Kolesterol dengan Ngopi

Teman teman ngopi, istilah kopi espresso berasal dari bahasa Italia yaitu express yang artinya cepat atau penyajian kopi secara cepat. Penyajian kopi espresso biasanya di sajikan dengan menggunakan alat pembuat kopi dengan teknologi yang dapat mengekstrak biji kopi dengan semburan air panas dengan tekanan tinggi sehingga kopi yang dihasilkan cukup kental dan memiliki cita rasa kopi yang kuat. Kopi ini biasanya disajikan dalam cangkir yang berukuran kecil.

Ada beberapa jenis kopi espresso dan cara pembuatanya yaitu:

  1. Espresso shot

Jenis ini di kategorikan jenis espresso yang paling kuat atau paling basic, dengan cara penyuguhanya espresso shot hanya menghasilkan 25-30 ml dalam satu cangkir kecil kopi. Menggunakan 8-9 gram bubuk kopi, membutuhkan waktu proses pembuatan hanya 20-25 detik dengan memanaskan air sampai hampir mendidih pada mesin espresso dengan tekanan tinggi untuk menghasilkan kopi espresso yang kental sampai tercipta berupa kream berwarna coklat gelap dan berbusa. Kopi espresso shot dikategorikan baik jika rasanya tidak terlalu pait dan tidak mengakibatkan jantung berdebar kencang. Rasa espresso shot merupakan rasa jenis kopi espresso yang lebih seimbang dengan perbandingan kopi dan air 1 : 5 .

  1. Ristretto (bahasa Italia; terbatas)

Ristretto bisa dikatakan penyajian kopi yang paling kuat dari jenis kopi espresso, karena di sajikan degan tingkat kekentalan yang lebih dari pada Espresso Shot. Saat proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu sekitar 20 detik dengan tekanan tinggi. Pada saat proses memasukkan kopi ke cangkir, kopi Ristretto diisi  tidaklah sampai penuh  cangkir diambil atau kata lain untuk volume secangkir kopi ristretto hanya setengah dari volume kopi espresso shot, sekitar hanya 15 ml dengan perbandingan kopi dan air yaitu 1 : 3. Untuk rasa, kopi Ristretto lebih manis bahkan mengarah kerasa coklat,  karena saat mengisi ke cangkir penyajiannya tidak ikut menyajikan ekstraksi terakhir dari kopi. Warna yang dihasilkan lebih gelap. 

  1. Doppio (Double Shot Espresso)

Espresso jenis Doppio ini bisa di katakana kebalikan dari Ristretto. Dari cara penyajian volume yang dihasilkan dua kali dari volume espresso shot, sekitar 45-60 ml. dengan menggunakan dua kali jumlah bubuk kopi Espresso shot. Jenis Doppio ini memiliki rasa yang lebih ringan, karena perbandingan Kopi dengan air terkisar 1 : 8. Jenis Doppio ini sering di samakan dengan kopi Americano karena mirip dari sisi volume dan tampilannya. Doppio ini tetap menghasilkan berupa kream dan berbusa. Dari jenis kopi espresso doppio inilah bermunculan variasi-variasi kopi dengan paduan susu dan kream. Seperti Kopi Jenis Americano , café macchiato, cappuccino, café latte, caffee affogatto, caffee mocha.

baca : Anda Harus Coba Keunikan Lain dari Kopi Khas Indonesia

Nah….teman-teman ngopi, mudah-mudahan topic kita  tentang kopi espresso kali ini bisa berguna untuk kita dan semakin mengerti lagi tentang kopi yang sering kita nikmati. Tapi yang tak kala penting lagi, supaya kita bisa terhindar seperti cerita pengalama kami diatas ya…..hehehehhehehe

Trima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>