Hati-Hati Membuka Kedai Kopi

kedai kopi

Selamat pagi teman-teman ngopi, apa kabarnya? Saya yakin masih tetap semangat kan? Hehehehe . pagi ini, saya sedang ngopi di sebuah kedai kopi milik teman saya yang baru buka, tempatnya cukup nyaman, rasa kopinya juga tidak kalah enak dengan kedai kopi yang sudah terkenal di kota saya yaitu kota Pemantang Siantar. Tentunya ngopi saya kali ini, tidaklah sendirian, ada beberapa sahabat saya yang lain termasuk juga ikut menemani ngopi kali ini adalah pemilik kedai kopi yang baru buka itu, bang simanjuntak.  Sudah banyak cerita yang kami bahas di pagi ini, mulai dari keadaan kota kami tercinta, sampai masalah politik yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Tetapi ada salah satu pembahasan kami yang menarik pagi ini yang pengen saya bagikan buat teman-teman ngopi yang berencana membuka usaha kedai kopi seperti bang simanjuntak.

Teman-teman ngopi, ternyata membuka kedai kopi tidaklah sulit. Walaupun jenis kedai kopi yang kita buka itu, tergantung dari modal usaha yang kita miliki. Jika ingin membuka kedai kopi yang besar, lengkap serta mewah dan berlolasi di tempat yang sangat strategis seperti di mall yang besar , atau di jalan yang ramai, pusat perbelanjaan tentulah kita harus menyiapkan modal yang lebih besar. Dan jika hanya ingin membuka kedai kopi yang sederhana saja, dan berada di tempat yang tidak terlalu ramai dan tidak terlalu strategis, tentu juga tidaklah membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Tetapi sering menjadi permasalahan yang dialamai oleh pebisnis kedai kopi adalah susah dalam melanjutkan bisnisnya. Tidak sedikit kedai kopi yang sudah mengeluarkan modal besar, tetapi harus tutup karena tidak ada peminatnya atau tidak laku.

Teman-teman ngopi, Ketepatan salah satu teman ngopi kami juga pagi ini adalah pemilik salah satu kedai kopi yang sudah cukup terkenal dan cukup lama di kota kami, yaitu bang awen, pemilik kedai kopi vonna yang berada di sekitaran jalan kartini depan samsat lama. Bang awen sengaja ikut ngopi pagi ini, karena pengen merasakan nikmatnya kopi buatan kedai kopi yang baru milik bang simanjutak itu. Walaupun sama- sama memiliki bisnis kedai kopi, mereka tidaklah merasa bersaing, selain target konsumen mereka yang berbeda, lokasi masing-masing juga sudah sangat jauh. Untuk menjawab seputaran bisnis kedai kopi Bang awen banyak berbagi tips bagimana membuka bisnis kedai kopi agar tidak tumpur. Bang awen juga menyarankan jika masih pemula, bukalah kedai kopi yang sederhana dulu, dengan sajian kopi yang sederhana juga. Jika sudah maju, maka berlahan-lahan kita akan meningkatkannya. Kecuali jika kita membuka kedai kopi cabang, tentu kita sudah memiliki pengalaman yang tinggi. Untuk membuka sebuah usaha, kita harus memiliki kajian-kalian terlebih dahulu agak kita tidak mengalami kegagalan, walaupun hal terpenting setelah dikaji adalah segera eksekusi (buka), karena masalah yang nyata kita hadapi saat kita terjun langsung.

kedai kopi2Bang awen menjelaskan Langkah-langkah apa saja yang perlu saat mau membuka kedai kopi.

  1. Tekat (kemauan yang kuat)

Banyak yang membuka bisnis kedai kopi, hanya karena tidak tahu memilih usaha apa lagi yang akan dibuka, sehingga bisnis kedai kopi adalah pilihan terakhir karena dianggap usaha yang gampang dan menjajikan. Untuk membuka usaha kedai kopi tidaklah sesederhana itu, dibutuhkan tekat yang kuat menunjukan bahwa memulai bisnis kedai kopi dimulai dengan keseriusan dan harus memiliki  gairah (Passion) ke kopi. Seorang pengusaha jika sudah serius memulai sesuatu biasnya dia akan tekun untuk menjalankannya, didalam ketekunan biasanya kita akan menemukan pola bisnis yang pas dan jika menghadapi masalah lebih cepat mecari solusi (jalan keluar), tidak mudah menyerah. Tekat yang kuat di tunjukan dengan disiplin yang tinggi, apalagi bisnis kedai kopi. Biasanya memiliki pelanggan-pelanggan yang setia. Pelanggan-pelanggan yang seperti ini tidak bisa kita dapatkan jika kita tidak disiplin baik masalah rasa ataupun waktu. Coba bayangkan ada kedai kopi yang kadang buka kadang tutup, kadang buka terlambat, kadang bukanya cepat, itu mengakibatkan pelanggan setia anda akan memilih tempat ngopi yang lain. Maka saat ingin membuka kedai kopi  poin pertama yang harus disiapkan adalah diri kita sendiri harus memiliki tekat yang kuat.

  1. Menentukan Target Konsumen

Menarget konsumen saat ingin membuka bisnis kedai kopi, memiiliki peranan sangat penting untuk kelangsungan bisnis kedai kopi kita, mengetahui target konsumen, kita bisa mengetahui lokasi yang cocok dimana, jenis kopi kita jual yang bagaimana, fasilitas kedai kita bagaimana. Suatu tempat di katakana strategis saat kita sudah tahu target pasar kita dimana dan ada berapa banyak pesaing kita yang tergetnya sama di sekitar lokasi kita. Contohnya jika target pasar kita adalah mahasiswa yang punya keuangan pas pasan. Maka carilah tempat di seputaran kampus yang mahasiswanya ramai ataupun seputaran kost-kostan mahasiswa. Dan jualahlah kopi dengan harga yang standart mahasiswa  tetapi tetap memiliki rasa yang nikmat ya!!. Designlah kedai kopi yang nyaman, sederhana ala-ala mahasiswa.

  1. Menentukan Menu

Membuka kedai kopi tentu menu yang di sediakan adalah jenis minuman kopi atau yang berhubungan dengan kopi. Pernyataan itu benar,! hanya kedai kopi juga perlu menyediakan jenis minuman selain kopi-kopian, seperti minuman jus-jusan, soft drinks, minuman sasetan dan jenis makanan baik makanan yang cocok menemani ngopi teman-teman seperti goreng pisang, goren ubi, roti bakar, pisang bakar atau makanan lain . sediakan juga bagi yang pengen makanan lebih berat. Contoh mie goreng, naris goreng. Karena banyak juga orang datang ketempat ngopi, bukan karena pengen ngopi saja, tapi lebing menikmati suasana tempat ngopinya.

  1. Karyawan

Setelah menentukan tempat, target konsumen, serta sudah menentukan menu apa saja yang akan kita sajikan, maka selanjutnya kita mencari karyawan yang tepat. Karyawan yang tepat maksudnya adalah karyawan yang bisa menyediakan atau membuat menu yang kita ingin jual itu dengan sangat baik dan enak. Contoh jika kita mendapat seorang Barista (pembuat minuman Kopi) yang handal tentuk akan menghasilkan rasa kopi yang nikmat. Kita bisa saja mengajak orang rame-rame datang ke kedai kita, jika kita tidak bisa memberi rasa yang nikamat tentu itulah yang membuat pembeli tidak mau datang kembali sehingga kita kehilangan calon pelangan setia. Selanjutnya  Cari juga karyawan (waitress) yang ramah, bersih dan tentu rajin dan cekatan, agar konsumen merasa dihargai, senang dan puas. Untuk bagian kasir,diawal-awalnya sebaiknya di handle langsung pemiliknya, sebelum melatih karyawan dengan baik. Disarankan bagian kasir, pergunakanlah mesin kasir, agar bisa di awasi lebih baik.

  1. Strategi Pemasaran

Setelah kedai kopi sudah di buka, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana, agar kedai kita ramai di kunjungi oleh pelanggan. Tentu inti dari membuka usaha adalah jualan kita ramai dengan pembeli (laris). Tidak ada gunanya tempat yang sangat bagus, megah, mewah, strategis jika tidak ada peminatnya. Lebiih baik kedai kopi sederhan tapi ramai pembeli…heheheheeh. Ini artinya bahwa pemasaran itu tidak bisa dipandang sepele. Untuk memasarkan kedai kopi, di zaman sekarang, sudah banyak fasilitas yang bisa kita gunakan. Baik secara off line contoh dengan mengiklankan di media cetak, media radio, iklan baliho atau secara online seperti melalui media sosial. Tetapi tak kala penting juga strategi pemasaran menggunakan komunitas-komunitas yang ada.. Strategi pemasaran, bisa juga kita pelajari dari teman-teman ahli marketing yang sudah berpengalaman ya teman-teman.

Teman-teman ngopi, itulah beberapa hal mendasar persi bang awen yang perlu kita siapkan jika ingin membuka usaha khususnya kedai kopi.  Setelah Mendengar bang awen menjelaskan, jadi semangat untuk membuka kedai kopi ya teman-teman. Aissstt…Kopi dan makanan ringan yang ada dia atas meja kami pun sudah habis. Tiba-tiba telepon salah seorang teman berdering ada panggilan agar segera ke kantor karena ada yang perlu di tanda tangani ( cair)…heheheheheheh. Tidak terasa , waktu ternyata sudah mulai siang,..kamipun mengakhiri ngopi pagi kami di kedai kopi bang simanjutak..tetapi sebelum bergegas pulang, pesan bang awen terakhir yaitu …jika sudah oke segera eksekusi ya….heheheheheheheh triima kasih bang awen buat ilmunya….

2 thoughts on “Hati-Hati Membuka Kedai Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>