Ketindihan Saat Tidur? Ihh..seram!!

ketindihanHai teman-teman ngopiyuk.com dimana pun berada, apa kabarnya di hari ini? Sehat selalu kan? murah rejeki dan panjang umur. Teman-teman ngopiyuk.com, topik pembicaraan kita kali ini agak seram-seram sedikit ni, karena tadi malam aku punya pengalaman yang menyeramkan. Waktu aku mau tidur, sedang enak-enaknya, mata sudah menuju 15 watt yang artinya sudah hampir tidur, eh tiba-tiba tubuhku tidak bisa bergerak, nafasku tertekan seperti ada yang menindihku dari atas, ingin minta tolong, ngak bisa ngomong, wah..setelah sadar aku jadi ketakutan karena aku berfikir bahawa ada mahluk halus(setan) yang mengganggu ku. Mungkin teman-teman juga memiliki pengalaman yang serupa dengan ku. Ayo kita cari tahu, sebenarnya fenomena apa yang aku alami itu dan bagaimana mengatasinya saat teman-teman terkena ketindihan?

Di indonesia kejadian itu disebut dengan istilah “ketindihan” atau “rep-repan” dan kejadian ini biasanya selalu dihubungkan dengan dunia mistis karena tubuhnya seolah-olah ditindih makhluk halus sehingga menyebabkan kesulitan bernafas, tidak bisa berteriak dan tidak bisa bergerak. Nah teman-teman Kejadian ini sama persis dengan yang ku alami semalam.

Sebenarnya peristiwa ketindihan ini sudah pernah di teliti para ahli, ternyata kejadian ketindihan itu disebut dengan istilah kerennya Sleep Paralysis, yang merupakan fenomena alamiah yang dialami manusia dimana kamu berada di tahap transisi antara tidur dan menuju ke tahap sadar sepenuhnya. Jadi ngak usah takut lagi teman-teman, ternyata kejadian itu tidak ada hubungannya dengan dunia lain/ Mistis.

Gejala-gejala yang biasanya dialami sebelum mengalami Sleep Paralysis yaitu

  1. Saat memulai tidur mengalami seperti halusinasi dan kejadian seperti mimpi.
  2. Terjaga dari tidur dan tidak mampu menggerakkan tubuh
  3. Kejadian itu bisa berulang beberapa kali dalam satukali periode tidur.

Penyebab Sleep Paralysis

Setelah diteliti oleh para ahli dari universitas Waterloo, Kanada, Al Cheyne sleep paralysis adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur yang terjadi di tahap rapid eye movement atau REM. Kejadian ini juga ternyata tidaklah tiba-tiba saja tanpa sebab, jika teman-teman sering mengalami kejadian ini, coba koreksi diri dan belajar dari penyebab-penyebabnya. Yaitu:

  1. Tidur Kurang Teratur

Tidur yang tidak teratur sering kita artikan hanya kekurangan tidur tetapi tidur yang berlebihan juga termasuk ketidak teraturan tidur. Upayakan kita memiliki jam tidur 8-10 jam dengan jam yang sama setia hari.

  1. Biasakan tidur dengan posisi tidak terletang

Tidur terlentang sering sekali mengalami ketindihan, oleh sebab itu sering-sering mengganti posisi tidur kita.

  1. Kurangi Stress

Stress yang berat atau memiliki trauma masa lalu dengan tingkat kecemasan yang tinggi sering sekali mengalami ketindihan, makanya upayakan mengurangi tingkat stress anda dengan berolah raga degan teratur.

Tetapi bagaimana cara mengatasi jika saat Ketindihan menghampiri tidur kita? Ada beberapa tips yang sudah terbukti untuk bisa segera pulih saat kita mengalaminya:

  1. Jangan Melawannya

Jika teman-teman tiba-tiba mengalami ketindihan dan tidak bisa bergerak, jangan lawan dengan sekuat tenaga kita, karena hal tersebut malah akan menambah parah apa yang kamu alami saat terserang sleep paralysis. Mengontrol rasa takutmu merupakan terpenting yang harus kamu lakukan disaat-saat seperti itu.

  1. Rileks

Saat teman-teman mengalami sleep paralysisi, cobalah merilekskan tubuh teman-teman dan usahakan jangan panik, coba pikirkan bahwa kejadian itu hanyalah serangan Sleep Paralysis bukan Serangan Mahluk gaib dan yakinkan kamu akan baik-baik saja dan jangan melawannya.

  1. Fokuskan Pada Pernapasan

Cara paling mudah mengatasi saat mengalami Sleep Paralysis adalah dengan mengontrol napas teman-teman. Dengan mengatur napas, kamu mengatasi beberapa masalah sekaligus. Kamu bisa mengurangi rasa sakit yang menimpa dadamu, bisa mengatasi rasa takutmu. Dengan mengatur pernapasan kita, dengan mengikuti ritme pernapasan normal kita, sangan cepat mengatasi Sleep Paralysis yang kita alami dengan terbangun tanpa masalah.

  1. Coba Gerakan Jari Tangan/ Jari Kaki

Cara lain yang tidak kalah mujarab juga untuk memulihkan kita saat mengalami ketindihan adalah dengan mencoba menggerakkan jari tangan atau jari kaki kita. Dibanyak kasus, cara ini ampuh sekali mengatasi ketindihan tersebut.

  1. Mengernyitkan Wajah

Lakukan gerakan wajah seperti kamu mencium sesuatu yang bau. Lakukan dimulai dengan gerakan kecil beberapa kali.

Setelah teman-teman bisa terbangun atau tersadar dan bisa menggerakan tubuh dan bernafas secara normal, upayakan jangan terus kembali tidur, karena Sleep Paralysis bisa saja menyerangmu kembali, coba duduk sebentar, minum air putih, dan rubah cara atau posisi tidur teman-teman.

Nah..teman-teman ngopiyuk.com, jadi mulai sekarang jangan saat teman-teman mengalami Sleep Paralysisi atau ketindihan, teman-teman trus ketakutan dan menyimpulkan ada mahluk gaib yang sedang mengganggu teman-teman, ayo segera ingat dan lakukan trik-trik yang sudah kita bahas tadi ya!! Demikian dulu pembahasan kita di ngopi kita kali ini ya, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian, ayo terus ikuti topik-topi lainnya yang akan kita bahas di tulisan kita berikutnya, atas perhatiannya saya ucapkan trima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>