Berdoalah Untuk Mekkah!!

makkah2Sahabat ngopiyuk.com kemarin waktu sedang menonton televisi tepatnya puku 17:10 Waktu Arab Jumat(11/9) aku sangat terkejut melihat berita yang terjadi dari negara Mekkah, dimana kejadian kecelakaan yang sangat tragis, sebuah crane yang didirikan tepat di sekitar masjidil haram, tumbang diakibatkan badai yang sedang melanda Mekkah. Kejadian itu mengakibatkan 107 jemaah yang sedang menunaikan ibadah, tewas, 2 diantarnya warga negara Indonesia serta melukai puluhan orang lainnya. Semua suku bangsa mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian itu. Teman-teman ngopiyuk.com dimanapun berada, mari kita juga turut berbela sungkawa, dan menyediakan sedikit waktu untuk berdoa kepada Allah agar arwah sahabat-sahabat kita yang tewas, diterima di sisinya AMIN..dan tidak ada lagi kejadian-kejadian seperti ini terjadi disana.

Teman-teman ngopiyuk.com kejadian tragis itu, ternyata bukanlah yang pertama sekali terjadi. Musibah-musiba yang tak kalah mengerikan juga pernah terjadi disana. Kejadian apa saja yang pernah melanda tempat Kesayangan Umat Muslim ini?

  1. Pada tahun1987

Sebuah kejadian yang sangat tragis terjadi di saat menunaikan ibadah haji, terjadi sebuah Bentrokan antara Pendemo Jemaah Iran yang beragama Syiah bersitegang dengan jemaah Wahabi asal Arab Saudi, yang menewaskan kurang lebih 400 jemaah dan ribuan luka-luka.

  1. Pada Tahun 1990

Kejadian ini terjadi saat ribuan jemaah sedang berdesak-desakan saat berada di dalam terowongan AL Maaisim. Ada kurang lebih 1.426 Jemaah Tewas akibat terinjak-injak. Peristiwa ini dikenal dengan tragedi Terowongan Mina

  1. Pada Tahun 1994

Kurang lebih 270 jemaah meninggal akibat berdesak-desakan saat melakukan ibadah Lempar Jumrah di Mina sebagai simbol “pengusiran “setan.

  1. Pada Tahun 1997

Kali ini Musibah datang dari Mina dimana tenda-tenda tempat tinggal jemaah saat itu terbakar. Akibat kejadian ini kurang lebih 343 jemaah tewas dan lebih 1.500 orang terluka

  1. Pada Tahun 1998

Insiden ini terjadi di jembatan jamarat di mina, saat ribuan jamaah ingin melakukan ritual melempar jumrah. Akibat berdesak-desakan dan saling injak mengakibatkan kurang lebih 180 jamaah meninggal dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

  1. Pada Tahun 2001

Saat ritual melempar jumrah kembali menelan jiwa, kurang lebih 35 orang jamaah meninggal, akibat ribuan jamaah saling berdesak-desakan untuk melakukan ritual itu.

  1. Pada Tahun 2004

Ritual Melempar Jumrah kembali menelan jiwa, lagi-lagi diakibatkan oleh ribuan jamaah saling berdesakan untuk berebut melakukan ibadah melempar jumrah itu. Kali ini kurang lebih 250 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

8. Pada Tahun 2006

Kejadian yang sagat tragis yang menelan korban jiwa lebih dari 360 Orang Meninggal lagi-lagi saat Berdesak-desakan saat melakukan ibadah melempar Jumrah dimana ini merupakan salah satu ibadah terakhir untuk menunaikan ibadah haji

  1. Pada Tahun 2006

Di tahun yang sama, bangunan Masjidil Haram yang biasanya menjadi tempat penginapan para jamaah, tiba-tiba rubuh dan memakan korban kurang lebih 70 orang

  1. Pada Tahun 2015

Kejadian yang baru saja terjadi hari jumat (11/9) puku 17.10 waktu Arab, sebuah Crane yang terpasang untuk pembangunan perluasan tempat ibadah, tepatnya di samping Masjidil Haram Tumbang, diakibatkan badai Hujan dan angin kencang yang diiringi dengan badai es. Kejadian ini menewaskan kurang lebih 107 orang dan melukai ratusan jamaah lainnya.

Teman-teman ngopiyuk.com setelah kita melihat deretan kejadian yang telah terjadi di atas, alangkah menyedihkan hati memang. Karena semua kejadian itu diakibatkan karena kelalaian manusia khususnya pengelolah (Pemerintahan Arab Saudi). Memang tidaklah segampang yang kita bayangkan untuk mengelola tempat yang didatangi oleh ribuan orang dalam satu tempat dan waktu yang sama. Tetapi seharunya pemerintahan Arab Saudi bisa belajar dari kejadian-kejadian sebelumnya dan bisa benar-benar menyiapkan sistem pelayanan yang terbaik untuk jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji. Harapan kita kedepannya, mari kita doakan bersama-sama agar tidak ada lagi kejadian-kejadian tragis di mekkah yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa saat menunaikan ibadah haji. Teman-teman demikian dulu topik kita hari ini, semoga informasi ini berguna bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>