Anda Harus Coba Keunikan Lain dari Kopi Khas Indonesia

ngopiunikHalo teman-teman Ngopiyuk.com, apa kabarnya? Mudah-mudahan sehat-sehat semua dan rezekinya lancar..amin. sebelum kita membahas topik kita hari ini, teman-teman silahkan memesan minuman kopi terlebih dahulu, biar lebih nikmat saat membahas topik kita hari ini. Teman-teman bicara tentang kopi memang tidak ada habis-habisnya, ternyata ada keunikan keunikan lain yang belum kita ketahui dari minum kopi yang ada di indonesia ini.

Kopi adalah sejenis minuman yang pengelolaan dan ekstraksi berasal dari biji tanaman kopi, sejarah mencatat bahwa sejarah minuman kopi yang bermanfat dan berenergi ini, pertama sekali ditemukan oleh bangsa Etopia di Benua Afrika sekitar 3000 Tahun yang lalu, kopi terus berkembang, hingga saat ini, kopi menjadi minuman yang paling digemari, dan populer di dunia yang di komsumsi dari berbagai kalangan. Indonesia sendiri saat ini, telah mampu memproduksi 400 ribu ton kopi/ tahunnya. Disamping rasa dan aromannya yang menarik, ternyata kopi dapat menurunkan resiko penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagai penyakit jantung.

Taukah Teman-taman, ternyata di indonesia, banyak keunikan-keunikan cara dan bahan minuman kopi. Ada berapa keunikan minuman kopi di indonesia yang kita bahas kali ini, yaitu

Kopi Biji Salak-Tapsel Sumatera Utara

kopi Biji Salak

Siapa sangka ternyata biji salak bisa diolah menjadi minuman layaknya minuman kopi dengan cita rasa yang tidak jauh beda dengan kopi biasanya.awalnya Kopi Biji Salak ini, diproduksi karena di desa Parsalakan yang dikenal dengan penghasil Salak terbesar itu, Salak yang telah diolah menghasilkan biji-biji salah yang tidak berguna, daripada biji-biji salak itu terbuang sia-sia, maka penduduk desa itu mencoba mengolah biji-biji salak itu menjadi minuman kopi biji salak. Cara pengolahannya sangat sederhana, Biji-Biji salak pilihan dijemur dan dikeringkan sebelum diolah menjadi kopi, setelah dijemur selama seminggu, biji-biji salak akan digongseng dengan menggunakan sebuah kuali khusus, setelah biji salaknya menghitam, akan dihaluskan dengan menumbuk dan memblender biji Salak tadi jadi bentuk kopi bubuk, setelah itu siap dikemas, dipasarkan dan dikonsumsi. Jika teman-teman penasaran silahkan jalan-jalan ke daerah Sumatera Utara tepatnya di Desa Parsalakan kecamatan Angkola Barat kabupaten Tapanuli Selatan, disana masyarakat sudah mengkonsumsi kopi ini, serta menjadi sumber pengasilan bagi mereka.

Kopi Joss – Yogjakarta

kopi jossKeunikan Kopi yang lainnya datang dari kota gudek Yogyakarta yaitu Kopi Arang atau Kopi Joss. Kopi Joss sudah sangat terkenal di kota yogyakarta, keunikan dari kopi ini yaitu dari penyajiannya. Kopi Bubuk yang telah dicampur dengan gula, diseduh dengan air panas, sebelum disajikan terlebih dahulu dicampur dengan arang yang sedang membara, sehingga menghasilkan suara Joss. Sebenarnya penggunaan arang ini bertujuan untuk menetralkan Asam lambung, namun banyak yang percaya bahwa kopi arang ini mampu meningkatkan stamina. Kopi arang atau kopi joss ini sudah dikenal di yogyakarta sejak tahun 1960-an oleh seorang peramu kopi yang bernama Pak Man.

Jika teman-teman penasaran dan pingin merasakan enaknya Kopi Joss bisa datang ke Kota Yogyakarta tepatnya sepanjang jalan sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta.

Kopi Kawa – Sumatera Barat

kopi kawa daunBiasanya kopi yang diminum terbuat dari ekstrak biji kopi namun pernahkan terpikir oleh anda bahwa selain biji kopi ternyata daunnya juga bisa dimanfaatkan menjadi minuman yang enak dan menyegarkan minuman yang berasal dari daun kopi inilah disebut dengan minuman Kopi Kawa. Minuman unik yang satu ini, memiliki aroma dan cita rasa yang khas yang tak kalah sedap dengan minuman Kopi walaupun kopi kawa tidak sepekat minuman kopi biasa. Hal yang menarik lagi dari minuman kopi kawa ini, ditempat aslinya untuk penyajian nya tidak menggunakan cangkir atau gelas pada umumnya tetapi menggunakan tempurung kelapa yang telah dibentuk menjadi tempat minuman, penyajian dengan menggunakan tempurung kelapa ini, akan meningkatkan cita rasa dari kopi kawa ini. Sejarah dari kopi daun/kopi kawa ini dimulai dari jaman penjajahan kolonial Belanda, dimana Kolonial Belanda Merampas dan mengeksport biji kopi ke Eropah, dan saat itu meminum kopi merupakan kebiasaan para kalangan-kalangan atas. karena tidak bisa menikmati kopi hasil tanamannya sendiri maka masyarakat memanfaatkan daun kopi menjadi minuman. Hingga kini masyarakat menikmati minum daun kopi ini dan menyebutnya dengan Kopi Kawa. Setelah diteliti ternyata meminum kopi kawa memberikan manfaat yaitu mengobati penyakit Kurap, Menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita Hiper Tensi , menghangatkan badan dan memperlancar saluran pernafasan serta menambah stamina dan vitalitas

Jika teman-teman penasaran datang aja ke tempat asalnya yaitu diwilayah Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatera Barat.

Teman-teman Ngopiyuk.com itulah informasi unik dan sisi lain dari cerita minuman kopi yang biasa kita minum, jika teman-teman penasaran dan pingin menikmati kopi yang unik-unik, silahkan mendatangi tempat yang tertera di pembahasan kita tadi. Teman-teman ngopiyuk.com sekian dulu pembahasan kita ya. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua. Trima Kasih….

 

2 thoughts on “Anda Harus Coba Keunikan Lain dari Kopi Khas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>